Translate

Selasa, 20 Maret 2012

Duyung



               Duyung, Bukan Sekedar Dongeng 






     Dalam dongeng kita mengenal tokoh putri duyung. Putri cantik yang sebagian tubuhnya menyerupai ikan dan tinggal di dalam laut, Hmmm, apa ada penghuni laut yang bernama Duyung ? Tentu ada ! Nah, kalau di dalam dongeng putri duyung digambarkan cantik, bagaimana dengan duyung yang asli ? duyung adalah penghuni laut yang bentuk tubuhnya menyerupai anjing laut. Duyung sering di sebut juga dugong. Kepalanya bermoncong tumpul membulat dan ekornya pipih mendatar. Di dadanya terdapat sepasang sirip renang pipih. Tubuhnya dilapisi kulit tebal berwarna kecoklat-coklatan atau keabu-abuan. Makanannya adalah tumbuh-tumbuhan laut. Sangat berbeda dengan duyung di dalam dongeng, bukan ?
      Duyung dapat kita temukan diperairan dangkal yang tenang dan ditumbuhi tanaman laut. Penghuni laut yang badannya besar seperti kapal selam ini hanya hidup di daerah tropis. Ia bernapas dengan paru-paru dan menyusui anaknya. Kalau beranak tak banyak-banyak, cukup satu sampai dua ekor saja. Itupun hanya 2 tahun sekali. Senang bergerombolan dengan keluarganya atau teman-temannya, tapi senang juga menyendiri. 
      Ingin melihat duyung ? wah, mungkin ini agak sulit, karena jumlah mereka semakin sedikit. Duyung termasuk hewan yang dilindungi. Habitat rumput laut tempat tinggalnya semakin berkurang. Duyung sering diburu oleh manusia, mereka mengambil dagingnya untuk dimasak, gigi taring nya untuk dijadikan pipa rokok, dan minyaknya di manfaatkan sebagai obat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar